Sabtu, 10 Maret 2012

"~BERBAGAI MACAM SEARCH ENGINE~"

Search Engine 

search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news groupdalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.


Berikut macam-macam search engine ! 

A. GOOGLE


Google adalah  Google muncul di akhir tahun 1997, dimana Google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos, dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagian perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di dunia. 

  • Cara mengakses Google :  
  1. Buka web browser Firefox. 
  2. Pada address bar ketikkan URLhttp://www.google.com
  3. Pada halaman utama mesin pencari ini terdapat menu utama berupa kolom tempat kita memasukkan kata kunci mengenai informasi yang akan kita cari.   
  1. atau  Tampak bahwa tampilan mesin pencari Google sangat sederhana sekali. Pada halaman utama mesin pencari ini terdapat menu utama berupa kolom tempat kita memasukkan kata kunci mengenai informasi yang akan kita cari. 
  • Kelebihan google  :  
  1. Memiliki tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan
  2. Dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak.
  3. Google memberikan opsi “Make Application Shortcut”.
  4. Ketika eror/crash pada salah satu ta tidak akan meyebabkan seluruh browser eror.
  5. Memiliki fungsi pencarian yang sangat baik.
  6. Menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website.
  • Kekurangan Google
  1. Google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana” .
  2. Memiliki underline Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker.
  3. Tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan.  
  4. Pada Google ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya. 
B. Yahoo

Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.
Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru.
== Sejarah Yahoo ==Teks miring Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketikaprofesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

  •  Cara mengakses Yahoo : 
  1. Pertama buat akun e-mail di Yahoo terlebih dahulu.
  2.  masukkan yahoo id dan password
  • Kelebihan Yahoo :
  1. Sebagai alat surat menyurat.
  2. Menyediakan  fasilitas gratis.
  3. Menyediakan banyak fsilitas.
  4. Berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna termasuk situs lokal
  5. Menyediakan  fasilitas gratis.
  6. Menyediakan banyak fsilitas.
  7. Berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna termasuk situs lokal
  8. Sebagai surat menyurat
  •    Kekurangan Yahoo
  1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
  2. Sering disalahgunakan karna terlalu mudah membuat ID
  3.  Skin untuk YM masih sangat simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak

C. Live search 



Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya. Cara mengakses Live Search, yaitu dengan mengetik http://www.live.com/

  • Kelebihan Live Search :  Mampu mencari  informasi yang lebih spesifik dari pada google baik berupa baik berupa web site, berita, gambar, musik, atau yang lainnya.
  • Kekurangannya :  Kurang dikenal oleh banyak orang.
E. Web Crawler



WebCrawler adalah mesin pencari web pertama yang menyediakan pencarian teks lengkap itu pergi tinggal pada tanggal 20 April 1994 dan diciptakan oleh Brian Pinkerton di University of Washington.. Itu dibeli oleh America Online pada tanggal 1 Juni 1995 dan dijual kepada Excite April 1, 1997. WebCrawler diakuisisi oleh InfoSpace pada tahun 2001 setelah Excite, (yang kemudian disebut Excite @ Home), bangkrut. InfoSpace juga memiliki dan mengoperasikan mesin metasearch Dogpile dan MetaCrawler.
WebCrawler awalnya sebuah mesin pencari yang terpisah dengan database sendiri, dan ditampilkan hasil iklan di beberapa wilayah di halaman. Baru-baru ini telah direposisi sebagai mesin metasearch, memberikan komposit secara terpisah diidentifikasi hasil pencarian disponsori dan non-disponsori dari sebagian besar mesin pencari populer.
WebCrawler juga mengubah citra di awal tahun 2008, scrapping maskot laba-laba klasik. 
WebCrawler memulai kerjanya dengan mengunjungi situs yang sebelumnya alamat situs tersebut sudah diidentifikasikan di dalam sebuah database penyimpanan alamat atau yang disebut dengan seeds atau frontier url. Dalam kerjanya, web crawler melakukan proses validasi terhadap HTML code dan tautan yang ditemukan pada situs yang dikunjungi. Setelah melakukan validasi, halaman web dan tautan tersebut didownload kemudian diparsing ke dalam tempat penyimpanan utama. Data yang dibawa oleh web crawler secara sederhana hanya berupa text dan metadata. Sedangkan data tautan yang ditemukan pada halaman web yang dikunjungi akan ditempatkan pada seeds (tempat penyimpanan data URL) masuk ke dalam antrian kunjungan selanjutnya web crawler.
Secara simultan web crawler mengunjungi situs-situs yang alamatnya terdapat di dalam antrian sampai data URL habis atau dihentikan oleh administrator. WebCrawler ini beralamat di http://www.webcrawler.com


  • Kelebihan WebCrawler :
  1. Mengetahui lebih detail tentang sebuah situs
  2. Mampu mengeksplorasi  rincian informasi sebuh situs dengan cepat
  • Kekurangannya :
  1. Halaman-halaman yang lamban saat dipanggil mungkin dilewati begitu saja
  2. Kurang efisien saat mengeksplorasi
Cara mengakses WebClawler yaitu dengan, point awal berupa sebuah link alamat website dan dibuka pada browser, lalu browser melakukan request dan men-download data dari web server melalui protokol HTTP.
Setiap Hyperlink yang ditemui pada konten yang tampil akan dibuka lagi pada windows/tab browser yang baru, demikian proses terus berulang. Nah sebuah web crawler mengotomatisasikan pekerjaan itu.


F. Looksmart
Looksmart adalah  produk  yang berbasis di San Francisco. Looksmart menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks, serta ditargetkan bayar per klik pencarian dan iklan kontekstual melalui Jaringan Iklan yang Cari. Untuk penerbit yang ingin membuat jaringan sendiri bermerek mereka iklan vertikal, Looksmart juga lisensi dan pengelolaan jaringan pencarian iklan menggunakan platform AdCenter nya. Looksmart adalah salah satu dari lima anggota pendiri Panel Pengukuran Klik IAB.

Namun, seperti Looksmart bukan direktori yang benar PPC baik, membayar 'tawaran' tertinggi tidak akan menjamin Anda penempatan tertinggi pada daftar hasil. Seperti mesin pencari benar, halaman Anda harus dioptimalkan sesuai dengan frasa kunci yang ditargetkan untuk mendapatkan hasil maksimal (dalam hal ini) dari uang Anda. Dengan cara ini Looksmart berupaya untuk mencapai keseimbangan antara apa situs bersedia membayar untuk dilihat, dan membantu pencari menemukan informasi, produk atau jasa yang mereka benar-benar cari.
Jika Anda ingin peringkat tinggi di Looksmart, peraturan yang biasa berlaku untuk membuat halaman dengan dioptimalkan satu menangkap. Bukan hanya menganalisis kode HTML Anda, Looksmart menghasilkan peringkat berdasarkan judul user-diajukan dan deskripsi. Situs juga diperkenankan untuk memilih hingga 10 Informasi yang dikirim.
Looksmart harus dipilih dengan perawatan yang sama, dan jumlah yang sama penelitian yang diperlukan untuk benar mengoptimalkan halaman untuk search engine lain "kata relevansi kunci". Adalah penting bahwa setiap orang yang ingin mengirimkan situs mereka untuk Looksmart mempersiapkan informasi yang diperlukan di muka. Looksmart ini.
beralamat di http://www.looksmart.com

  • Kelebihan Look Smart yaitu, menyediakan  produk pengiklanan  produk
  • Sedangkan Kekurangannya yaitu, Looksmart situs web yang berbayar alias tidak gratis

G. MSN

 


Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista.
MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia.Windows Live Messenger merupakan salah program pengirim pesan instan yangawalnya bernama MSN Messenger lalu Windows Messenger. Program ini diluncurkan oleh Microsoft sebagai pengganti MSN Messenger pada tanggal 19 Juni 2006. Windows Live Hotmail, atau lebih dikenal dengan Hotmail adalah layanan email gratis popular dari Microsoft, bagian dari layanan-layanan Windows Live. Versi terbaru ini diumumkan pada tanggal 1 November 2005 sebagai update dari layanan MSN Hotmail yang sudah ada. Setelah diluncurkannya versi beta, Windows Live Hotmail diluncurkan secara resmi pada tanggal 7 Mei 2007. MSN ini beralamat di http://www.msn.com.

  • Cara mengaksesnya dengan cara mengunjungi alamat situs http://www.hotmail.com/ dan http://mail.live.com/. atau :
  1. download MSN 
  2. register ID 
  3. buka software MSN,masukan ID dan kode anda dan mulai online 
  4. click kiri dua kali seorang teman yang ingin anda ajak chating mulai chating
  • Kelebihan MSN :  Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format filespesial.
  •  
  • Sedangkan kekurangannya : 
  1. Pencarian dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN 
  2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. 
  3. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya

H. Wisenut
 

Searchengines showdown.com pada awal Maret 2002 menyatakan bahwa banyaknya informasi atau situs yang ditampung oleh database Wisenut.com adalah sekitar 579 juta buah. Sedangkan Wisenut.com mengklaim sekitar 1,5 miliar buah yang telah masuk dalam databasenya. Wisenut.com, sebagaimana layaknya sebuah search engine generasi terbaru, bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan. Tampilannya yang sederhana mempercepat mengaksesan halaman depan dan proses penampilan hasil yang dicari.
Wisenut.com mampu mencari informasi ke konten dengan 25 bahasa dunia yang berbeda, tetapi tidak ada bahasa Indonesia. Encoding languange Wisenut.com juga mampu beralih ke 21 kode bahasa. Wisenut.com dilengkapi pula dengan fasilitas WiseWatch, yang fungsinya untuk melakukan pemfilteran konten-konten pornografi (www.wisenut.com/preferences). Search engine yang secara resmi diluncurkan pada September 2001 ini menyediakan pula form isian bagi orang yang ingin mencantumkan situsnya ke dalam database

  • Kelebihan Wisenut : Dapat memfilter situs-situs pornografi. Tedapat 25 bahasa yang berbeda
  •  Kekurangan Wisenut :   Tidak ada bahasa Indonesia
  • CARA MENGAKSES  : Pencarian di Wisenut sederhana, cukup ketik permintaan Anda ke bar pencarian utama dan jauh Anda pergi. Permintaan saya untuk "salju" membawa kembali hasil pencarian dengan link teks dan penjelasan, serta hasil berkerumun di bagian atas halaman hasil pencarian - atau WiseGuide kategori.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar